MENU

Sabtu, 27 April 2013

RPP MICROTEACHINGKU


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(  R  P  P  )

Madrasah                            : MA WAHID HASYIM
Mata Pelajaran                   : Qur’an Hadits
Kelas/Semester                   : XI / 2
Alokasi Waktu                    :  1 x25 menit (1 kali pertemuan)

A.          Standar Kompetensi
         1.      Memahami ayat-ayat Al-Qur’an dan hadits tentang Amar Ma’ruf dan Nahi Munkar.
        
B.           Kompetensi Dasar
1.1        Menghafalkan QS. Ali Imron ayat 110 dan hadits tentang amar ma’ruf nahi munkar.
1.2        Mengartikan QS. Ali Imron ayat 110 dan hadits tentang amar ma’ruf nahi munkar.
1.3        Menjelaskan bacaan  tajwid dalam QS.Ali Imron ayat 110.
1.4        Menjelaskan isi kandungan QS. Ali Imron ayat 110 dan hadits tentang amar ma’ruf nahi munkar.
1.5        Melaksanakan amar ma’ruf nahi munkar seperti yang terkandung dalam QS. Ali Imron ayat 110 dan hadits.

C.          Materi Pembelajaran
1.      Amar Ma’ruf Nahi munkar

D.          Metode Pembelajaran
1.            Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama untuk kegiatan awal.
2.            Diskusi : Metode ini digunakan untuk mendialogkan tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran.
3.            Tanya Jawab : Metode ini digunakan untuk mengevaluasi materi yang telah disampaikan.

E.           Langkah-langkah Pembelajaran
No
Uraian Kegiatan
Waktu
1
Kegiatan awal :
a.       Memberi Salam
b.      Menyapa dan mengabsen siswa
c.       Apersepsi :
1)      Memberikan pertanyaan seputar pelajaran yang sudah diajarkan pada pertemuan sebelumnya yaitu Sabar dan Tabah dalam Menghadapi Cobaan dan Ujian.
2)      Memeberikan pertanyaan seputar pelajaran yang akan diajarkan menurut pendapat para siswa.

d.      Motivasi :
1)      Memberikan informasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari Amar Ma’ruf Nahi Munkar yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

3  menit
2
Kegiatan Inti :
a.       Memberi kesimpulan dari pendapat-pendapat siswa tentang pengertian Amar Ma’ruf Nahi Munkar dan memberikan tambahan penjelasan.
b.      Memulai penjelasan terjemah per kata pada QS.Ali Imron ayat 110.
c.       Memberi penjelasan arti hadits riwayat (HR.Imam Ahmad) dari Abi Sa’id Al-Khudri.
d.      Menjelaskan bacaan tajwid QS.Ali Imron ayat 110.
e.       Menjelaskan isi kandungan QS.Ali Imron ayat 110.
f.       Memberi penjelasan hadits.
g.      Menyampaikan hikmah dari Amar Ma’ruf Nahi Munkar.
h.      Salah seorang siswa memberikan kesimpulan dari penjelasan QS.Ali Imron ayat 110 dan HR.Imam Ahmad, sementara yang lain memperhatikan dan memebri tambahan.

15 Menit
3
Kegiatan akhir :
a.       Tanya jawab tentang materi Amar Ma’ruf Nahi Munkar.
b.      Guru memberikan tugas untuk menuliskan QS. Ali Imron ayat 110 pada kertas yang telah dibagikan dengan cara dictation (Imla’) dan kemudian disuruh menuliskan arti terjemahnya dan dikumpulkan kembali untuk dikoreksi.
c.       Memberikan motivasi untuk selalu giat belajar.
d.      Memberikan salam penutup.
7 menit

F.           Sumber belajar dan media pembelajaran
2.      Sumber : Al Qur’an terjemahan dan hadits
3.      Buku acuan Paket Qur’an Hadits Depag
4.      Alat/Media : Papan tulis,  kertas manila
5.      Bahan : LKS (Lembar Kerja Siswa)

G.          Penilaian
Indikator Pencapaian
Jenis Penilaian
Bentuk Penilaian
Contoh Instrumen
1.    Siswa dapat  menjelaskan pengertian Amar Ma’ruf Nahi Munkar.
2.    Siswa dapat menuliskan QS.Ali Imron ayat 110 dan terjemahnya.
3.    Siswa dapat  menerjemahkan QS.Ali Imron ayat 110 dan HR.Imam Ahmad.


4.    Siswa dapat  menjelaskan bacaan tajwid QS.Ali Imron ayat 110.


5.    Siswa mampu menjelaskan isi kandungan QS.Ali Imron .
6.    Siswa mampu menjelaskan hikmah dari ber-Amar Ma’ruf Nahi Munkar.
Tes lisan

Tes Tulis

Tes lisan




Tes Lisan


Tes Lisan

Tes Lisan
Uraian

Uraian

Uraian




Uraian


Uraian

Uraian
1.       Jelaskan pengertian Amar Ma’ruf Nahi Munkar!

2.       Tuliskan QS.Ali Imron ayat 110 dan terjemahnya!

3.       Artikan kalimat berikut!
-       تأمرون بالمعروف و تنهون عن المنكر و تؤمنون بالله.
-          فإن لم يستطع فبقلبه, و ذلك أضعف الإيمان.

4.       Apa bacaan kalimat berikut?
-       كنتمْ خَير أمّة
-       لكان خيراً لـَهم

5.       Bagaimana isi kandungan QS.Ali Imron ayat 110?

6.       Sebutkan hikmah ber-Amar Ma’ruf Nahi Munkar!



Mengetahui,
Kepala Madrasah



DRS.H.SELAMET RIYADI
NIP.

Pati, 21 Maret 2013
Guru Mapel Qur’an Hadits



AHMAD WAGITO
NIP.

KET: INDIKATORNYA BELUM ADA



Tidak ada komentar:

Posting Komentar