RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P
P )
Madrasah :
MA WAHID HASYIM
Mata Pelajaran :
Qur’an Hadits
Kelas/Semester :
XI / 2
Alokasi Waktu : 1 x25 menit (1 kali pertemuan)
A.
Standar Kompetensi
1. Memahami ayat-ayat Al-Qur’an dan
hadits tentang Amar Ma’ruf dan Nahi Munkar.
B.
Kompetensi Dasar
1.1
Menghafalkan QS. Ali Imron ayat
110 dan hadits tentang amar ma’ruf nahi munkar.
1.2
Mengartikan QS. Ali Imron ayat
110 dan hadits tentang amar ma’ruf nahi munkar.
1.3
Menjelaskan bacaan tajwid dalam QS.Ali Imron ayat 110.
1.4
Menjelaskan isi kandungan QS. Ali Imron ayat 110 dan hadits tentang amar ma’ruf nahi
munkar.
1.5
Melaksanakan amar ma’ruf nahi munkar seperti yang
terkandung dalam QS. Ali Imron ayat 110 dan hadits.
C.
Materi Pembelajaran
1.
Amar Ma’ruf Nahi munkar
D.
Metode Pembelajaran
1.
Ceramah : Metode ini digunakan untuk memulai kegiatan pembelajaran terutama
untuk kegiatan awal.
2.
Diskusi : Metode ini digunakan untuk mendialogkan
tema yang berkenaan dengan materi kegiatan pembelajaran.
3.
Tanya Jawab : Metode ini digunakan untuk
mengevaluasi materi yang telah disampaikan.
E.
Langkah-langkah
Pembelajaran
No
|
Uraian Kegiatan
|
Waktu
|
1
|
Kegiatan awal :
a.
Memberi Salam
b.
Menyapa dan mengabsen siswa
c.
Apersepsi :
1)
Memberikan pertanyaan seputar
pelajaran yang sudah diajarkan pada pertemuan sebelumnya yaitu Sabar dan
Tabah dalam Menghadapi Cobaan dan Ujian.
2)
Memeberikan pertanyaan
seputar pelajaran yang akan diajarkan menurut pendapat para siswa.
d.
Motivasi :
1) Memberikan informasi
tentang tujuan dan manfaat mempelajari Amar Ma’ruf Nahi Munkar yang
dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.
|
3 menit
|
2
|
Kegiatan Inti :
a.
Memberi kesimpulan dari pendapat-pendapat
siswa tentang pengertian Amar Ma’ruf Nahi Munkar dan memberikan
tambahan penjelasan.
b.
Memulai penjelasan terjemah per kata pada
QS.Ali Imron ayat 110.
c.
Memberi penjelasan arti hadits riwayat
(HR.Imam Ahmad) dari Abi Sa’id Al-Khudri.
d.
Menjelaskan bacaan tajwid QS.Ali Imron ayat
110.
e.
Menjelaskan isi kandungan QS.Ali Imron ayat
110.
f.
Memberi penjelasan hadits.
g. Menyampaikan
hikmah dari Amar Ma’ruf Nahi Munkar.
h.
Salah
seorang siswa memberikan kesimpulan dari penjelasan QS.Ali Imron ayat 110 dan
HR.Imam Ahmad, sementara yang lain memperhatikan dan memebri tambahan.
|
15 Menit
|
3
|
Kegiatan akhir :
a.
Tanya jawab tentang materi Amar
Ma’ruf Nahi Munkar.
b.
Guru memberikan tugas untuk menuliskan QS. Ali
Imron ayat 110 pada kertas yang telah dibagikan dengan cara dictation
(Imla’) dan kemudian disuruh menuliskan arti terjemahnya dan dikumpulkan
kembali untuk dikoreksi.
c.
Memberikan motivasi untuk selalu giat belajar.
d.
Memberikan salam penutup.
|
7 menit
|
F.
Sumber belajar dan
media pembelajaran
2.
Sumber : Al
Qur’an terjemahan dan hadits
3.
Buku acuan Paket
Qur’an Hadits Depag
4.
Alat/Media : Papan tulis, kertas manila
5.
Bahan : LKS (Lembar Kerja Siswa)
G.
Penilaian
Indikator Pencapaian
|
Jenis Penilaian
|
Bentuk Penilaian
|
Contoh Instrumen
|
1.
Siswa
dapat menjelaskan pengertian Amar
Ma’ruf Nahi Munkar.
2.
Siswa
dapat menuliskan QS.Ali Imron ayat 110 dan terjemahnya.
3.
Siswa
dapat menerjemahkan QS.Ali Imron ayat
110 dan HR.Imam Ahmad.
4.
Siswa dapat menjelaskan bacaan tajwid QS.Ali Imron ayat
110.
5.
Siswa
mampu menjelaskan isi kandungan QS.Ali Imron .
6.
Siswa
mampu menjelaskan hikmah dari ber-Amar Ma’ruf Nahi Munkar.
|
Tes lisan
Tes Tulis
Tes lisan
Tes Lisan
Tes Lisan
Tes Lisan
|
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
|
1.
Jelaskan
pengertian Amar Ma’ruf Nahi Munkar!
2.
Tuliskan
QS.Ali Imron ayat 110 dan terjemahnya!
3.
Artikan
kalimat berikut!
- تأمرون
بالمعروف و تنهون عن المنكر و تؤمنون بالله.
-
فإن لم
يستطع فبقلبه, و ذلك أضعف الإيمان.
4.
Apa
bacaan kalimat berikut?
- كنتمْ
خَير أمّة
- لكان
خيراً لـَهم
5.
Bagaimana
isi kandungan QS.Ali Imron ayat 110?
6.
Sebutkan
hikmah ber-Amar Ma’ruf Nahi Munkar!
|
Mengetahui,
Kepala Madrasah
DRS.H.SELAMET RIYADI
NIP.
|
|
Pati, 21 Maret 2013
Guru Mapel Qur’an Hadits
AHMAD WAGITO
NIP.
|
KET: INDIKATORNYA BELUM ADA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar