RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SIKLUS
1
Nama Sekolah : SMA Wahid Hasyim Pati
Mata
Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas /
Semester : XII / I
Alokasi
Waktu : 2 jam pelajaran x
45 menit
Standar Kompetensi:
Memahami dan mengungkapkan informasi secara
lisan berbentuk paparan atau dialog tentang wisata التنزه.
Kompetensi Dasar:
1. Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat) dalam suatu konteks
dengan tepat.
2. Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara
tepat.
3. Menyampaikan gagasan atau
pendapat secara lisan sesuai konteks dengan lafal yang tepat.
4. Melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat dan lancar.
Indikator Pencapaian:
1.
Siswa mampu menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan.
2. Siswa mampu melakukan dialog tentang wisata dengan lancar dan tepat.
Karakter siswa yang diharapkan:
Dapat dipercaya (Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun (diligence),
Tanggung jawab (responsibility),
Berani (courage), Ketulusan (honesty), Integritas (integrity), Peduli (caring) dan Jujur (fairness).
Materi Pembelajaran:
Mufrodat dan Hiwar
Metode Pembelajaran:
Metode Langsung (Direct Method)
Langkah-langkah Pembelajaran:
1.
Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi
a.
Guru
mengulas kembali materi pelajaran sebelumnya.
b.
Guru memperkenalkan bahan ajar mengenai Mufrodat
dan Hiwar (Percakapan) tentang التنزه.
c.
Guru memberitahu siswa tujuan pelajaran yang hendak
dicapai.
2.
Kegiatan Inti
a.
Eksplorasi
1)
Guru meminta siswa menutup buku.
2)
Guru meminta siswa memperhatikan apa yang diucapkan
oleh guru.
b.
Elaborasi
1)
Guru mengucapkan kosa kata (mufrodat) yang
sesuai dengan materi percakapan التنزه dengan cara mempraktekkan langsung pada benda-benda atau sesuatu
yang bersangkutan atau berupa media jika siswa belum mengetahui arti kosa kata
tersebut. Kemudian siswa menirukan apa yang telah diucapkan oleh guru.
2)
Guru menulis kosa kata (mufrodat) kata per
kata yang telah ditirukan oleh siswa di papan tulis.
3)
Guru menjelaskan isi materi التنزه dengan mempraktekkan secara langsung menggunakan bahasa Arab.
4)
Guru menulis intisari atau ringkasan materi di papan
tulis.
5)
Guru meminta siswa membuka buku bacaan kemudian guru
membacakan materi dengan mempraktekkan atau memperagakan sesuai dengan materi التنزه.
c.
Konfirmasi
1)
Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk
menanyakan materi yang belum dipahami.
2)
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui
siswa.
3)
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberi penguatan dan penyimpulan.
4)
Guru meminta beberapa
siswa mempraktekkan langsung seperti yang dibaca dan dipraktekkan oleh guru.
3.
Kegiatan Penutupan
a.
Guru memberikan tes
formatif lisan.
b.
Guru bersama siswa melakukan
refleksi mengenai kegiatan belajar dalam kompetensi dasar ini, bermanfaat atau tidak.
c.
Guru memberikan penguatan atas
temuan siswa dan menyimpulkan materi.
d.
Sebelum guru mengakhiri
pembelajaran, guru memberi motivasi belajar.
Sumber/Bahan/Alat
Belajar:
1.
Pengalaman
Guru
2.
Buku Ajar
Pelajaran Bahasa Arab kelas XII.
3.
BSE Bahasa
Arab kelas XII, diterbitkan oleh
Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional
4.
Buku LKS
Bahasa Arab ”Thawaf” kelas XII, penerbit Citra Pustaka, Surakarta.
5.
Kamus
Arab-Indonesia ”Mahmud Yunus”, penerbit Hidakarya Agung, Jakarta
6.
Buku lain
yang relevan.
Evaluasi:
1.
Teknik
Penilaian:
Test Lisan/Praktik
2.
Bentuk
Instrumen:
(terlampir)
Mengetahui
Kepala SMA Wahid Hasyim Pati
Drs. H. Slamet Riyadi
|
|
Guru
Mapel Bahasa Arab
Ahmad Wagito
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN( RPP )
SIKLUS
1I
Nama Sekolah : SMA Wahid Hasyim Pati
Mata
Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas /
Semester : XII / I
Alokasi
Waktu : 2 jam pelajaran x
45 menit
Standar Kompetensi:
Memahami dan mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog
tentang wisata التنزه.dan struktur kalimat (at-Tarkib) tentang الفعل المضارع المجزوم.
Kompetensi Dasar:
1. Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat) dalam suatu konteks
dengan tepat.
2. Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara
tepat.
3. Menyampaikan gagasan atau
pendapat secara lisan sesuai konteks dengan lafal yang tepat.
4. Melakukan dialog sesuai konteks dengan tepat dan lancar.
Indikator Pencapaian:
1.
Siswa mampu menyampaikan
gagasan atau pendapat secara lisan
2.
Siswa mampu
melakukan dialog tentang wisata dengan
lancar dan tepat.
Karakter siswa yang diharapkan:
Dapat dipercaya (Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun (diligence),
Tanggung jawab (responsibility),
Berani (courage), Ketulusan (honesty), Integritas (integrity), Peduli (caring) dan Jujur (fairness).
Materi Pembelajaran:
Struktur Kalimat (at-Tarkib) الفعل المضارع المجزوم .
Metode Pembelajaran:
Metode Langsung (Direct Method)
Langkah-langkah Pembelajaran:
1.
KegiatanPendahuluan
Apersepsi dan Motivasi
a.
Guru
mengulas kembali materi pelajaran sebelumnya.
b.
Guru memperkenalkan bahan ajar mengenai struktur
kalimat (at-Tarkib)
الفعل المضارع المجزوم.
c.
Guru memberitahu siswa tujuan pelajaran yang hendak
dicapai.
2.
KegiatanInti
a.
Eksplorasi
1)
Guru meminta siswa menutup buku.
2)
Guru meminta siswa memperhatikan apa yang diucapkan
oleh guru.
b.
Elaborasi
1)
Guru menjelaskan
pengertian fi’il mudhori’ almajzum dan memberikan contoh.
2)
Guru membacakan contoh-contoh fi’il mudhori’ almajzum
dengan cara mempraktekkan langsung dan siswa mengikuti setelahnya.
3)
Guru menuliskan
contoh-contoh fi’il mudhori’ almajzum di papan tulis.
4)
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan materi
yang kurang jelas.
5)
Guru meminta siswa untuk
membuat kalimat yang berkaitan dengan struktur (at-Tarkib) الفعل
المضارع المجزوم.
c.
Konfirmasi
1)
Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengusulkan perbaikan jika
ada kesalahan yang mereka lakukan.
2)
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang masih belum
dipahami siswa.
3)
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberi penguatan dan penyimpulan..
4)
Guru mempraktekkan struktur-struktur yang telah dipelajari kedalam ungkapan-ungkapan
bebas sesuai keinginan siswa untuk memantapkan penguasaan mereka terhadap materi.
3.
Kegiatan Penutupan
a.
Guru memberikan tes
formatif lisan.
b.
Guru bersama siswa melakukan
refleksi mengenai kegiatan belajar dalam kompetensi dasar ini, bermanfaat atau tidak.
c.
Guru memberikan penguatan atas
temuan siswa dan menyimpulkan materi.
d.
Sebelum guru mengakhiri
pembelajaran, guru memberi motivasi belajar.
Sumber/Bahan/Alat Belajar:
1.
Pengalaman
Guru
2.
Buku Ajar
Pelajaran Bahasa Arab kelas XII.
3.
BSE Bahasa
Arab kelas XII, diterbitkan oleh
Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional
4.
Buku LKS
Bahasa Arab ”Thawaf” kelas XII, penerbit Citra Pustaka, Surakarta.
5.
Kamus
Arab-Indonesia ”Mahmud Yunus”, penerbit Hidakarya Agung, Jakarta
6.
Buku lain
yang relevan.
Evaluasi:
1.
Teknik
Penilaian:
Test Lisan/Praktik
2.
Bentuk
Instrumen:
(terlampir)
Mengetahui
Kepala SMA Wahid Hasyim
Drs. H. Slamet Riyadi
|
|
Guru
MapelBahasa Arab
Ahmad Wagito
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar