MENU

Selasa, 24 Maret 2015

RPP Bahasa Arab Kelas XII semester 1 Siklus I dan Siklus II



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
SIKLUS 1

Nama Sekolah            : SMA Wahid Hasyim Pati
Mata Pelajaran          : Bahasa Arab
Kelas / Semester        : XII / I
Alokasi Waktu           : 2 jam pelajaran x 45 menit

Standar Kompetensi:
Memahami dan mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang wisata التنزه.
Kompetensi Dasar:
1.      Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat) dalam suatu konteks dengan tepat.
2.      Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat.
3.      Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan sesuai konteks dengan lafal yang tepat.
4.      Melakukan dialog  sesuai konteks dengan tepat dan lancar.
Indikator Pencapaian:
1.      Siswa mampu menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan.
2.      Siswa mampu melakukan dialog tentang wisata dengan lancar dan tepat.
Karakter siswa yang diharapkan:
Dapat dipercaya (Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun (diligence), Tanggung jawab (responsibility), Berani (courage), Ketulusan (honesty), Integritas (integrity), Peduli (caring) dan Jujur (fairness).
Materi Pembelajaran:
Mufrodat dan Hiwar
Metode Pembelajaran:
Metode Langsung (Direct Method)     
Langkah-langkah Pembelajaran:
1.             Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi dan Motivasi
a.         Guru mengulas kembali materi pelajaran sebelumnya.
b.        Guru memperkenalkan bahan ajar mengenai Mufrodat dan Hiwar (Percakapan) tentang التنزه.
c.         Guru memberitahu siswa tujuan pelajaran yang hendak dicapai.
2.             Kegiatan Inti
a.        Eksplorasi
1)        Guru meminta siswa menutup buku.
2)        Guru meminta siswa memperhatikan apa yang diucapkan oleh guru.
b.        Elaborasi
1)        Guru mengucapkan kosa kata (mufrodat) yang sesuai dengan materi percakapan  التنزه dengan cara mempraktekkan langsung pada benda-benda atau sesuatu yang bersangkutan atau berupa media jika siswa belum mengetahui arti kosa kata tersebut. Kemudian siswa menirukan apa yang telah diucapkan oleh guru.
2)        Guru menulis kosa kata (mufrodat) kata per kata yang telah ditirukan oleh siswa di papan tulis.
3)        Guru menjelaskan isi materi التنزه dengan mempraktekkan secara langsung menggunakan bahasa Arab.
4)        Guru menulis intisari atau ringkasan materi di papan tulis.
5)        Guru meminta siswa membuka buku bacaan kemudian guru membacakan materi dengan mempraktekkan atau memperagakan sesuai dengan materi التنزه.
c.         Konfirmasi
1)        Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanyakan materi yang belum dipahami.
2)        Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa.
3)        Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberi penguatan dan penyimpulan.
4)        Guru meminta beberapa siswa mempraktekkan langsung seperti yang dibaca dan dipraktekkan oleh guru.

3.             Kegiatan Penutupan
a.         Guru memberikan tes formatif lisan.
b.        Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam kompetensi dasar ini, bermanfaat atau tidak.
c.         Guru memberikan penguatan atas temuan siswa dan menyimpulkan materi.
d.        Sebelum guru mengakhiri pembelajaran, guru memberi motivasi belajar.
Sumber/Bahan/Alat Belajar:
1.      Pengalaman Guru
2.      Buku Ajar Pelajaran Bahasa Arab kelas XII.
3.      BSE Bahasa Arab kelas XII, diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional
4.      Buku LKS Bahasa Arab ”Thawaf” kelas XII, penerbit Citra Pustaka, Surakarta.
5.      Kamus Arab-Indonesia ”Mahmud Yunus”, penerbit Hidakarya Agung, Jakarta
6.      Buku lain yang relevan.
Evaluasi:
1.      Teknik Penilaian:
Test Lisan/Praktik
2.      Bentuk Instrumen:
(terlampir)


Mengetahui
Kepala SMA Wahid Hasyim Pati


Drs. H. Slamet Riyadi


Guru Mapel Bahasa Arab


Ahmad Wagito


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN( RPP )
SIKLUS 1I

Nama Sekolah            : SMA Wahid Hasyim Pati
Mata Pelajaran          : Bahasa Arab
Kelas / Semester        : XII / I
Alokasi Waktu           : 2 jam pelajaran x 45 menit

Standar Kompetensi:
Memahami dan mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang wisata التنزه.dan struktur kalimat (at-Tarkib) tentang الفعل المضارع المجزوم.
Kompetensi Dasar:
1.      Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat) dalam suatu konteks dengan tepat.
2.      Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat.
3.      Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan sesuai konteks dengan lafal yang tepat.
4.      Melakukan dialog  sesuai konteks dengan tepat dan lancar.
Indikator Pencapaian:
1.      Siswa mampu menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan
2.      Siswa mampu melakukan dialog tentang wisata dengan lancar dan tepat.
Karakter siswa yang diharapkan:
Dapat dipercaya (Trustworthines), Rasa hormat dan perhatian (respect), Tekun (diligence), Tanggung jawab (responsibility), Berani (courage), Ketulusan (honesty), Integritas (integrity), Peduli (caring) dan Jujur (fairness).
Materi Pembelajaran:
Struktur Kalimat (at-Tarkib) الفعل المضارع المجزوم .
Metode Pembelajaran:
Metode Langsung (Direct Method)     
Langkah-langkah Pembelajaran:
1.             KegiatanPendahuluan
Apersepsi dan Motivasi
a.         Guru mengulas kembali materi pelajaran sebelumnya.
b.        Guru memperkenalkan bahan ajar mengenai struktur kalimat (at-Tarkib) الفعل المضارع المجزوم.
c.         Guru memberitahu siswa tujuan pelajaran yang hendak dicapai.
2.             KegiatanInti
a.        Eksplorasi
1)        Guru meminta siswa menutup buku.
2)        Guru meminta siswa memperhatikan apa yang diucapkan oleh guru.
b.        Elaborasi
1)        Guru menjelaskan pengertian fi’il mudhori’ almajzum dan memberikan contoh.
2)        Guru membacakan contoh-contoh fi’il mudhori’ almajzum dengan cara mempraktekkan langsung dan siswa mengikuti setelahnya.
3)        Guru menuliskan contoh-contoh fi’il mudhori’ almajzum di papan tulis.
4)        Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk menanyakan materi yang kurang jelas.
5)        Guru meminta siswa untuk membuat kalimat yang berkaitan dengan struktur (at-Tarkib)   الفعل المضارع المجزوم.
c.         Konfirmasi
1)        Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk mengusulkan perbaikan jika ada kesalahan yang mereka lakukan.
2)        Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang masih belum dipahami siswa.
3)        Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberi penguatan dan penyimpulan..
4)        Guru mempraktekkan struktur-struktur yang telah dipelajari kedalam ungkapan-ungkapan bebas sesuai keinginan siswa untuk memantapkan penguasaan mereka terhadap materi.

3.             Kegiatan Penutupan
a.         Guru memberikan tes formatif lisan.
b.        Guru bersama siswa melakukan refleksi mengenai kegiatan belajar dalam kompetensi dasar ini, bermanfaat atau tidak.
c.         Guru memberikan penguatan atas temuan siswa dan menyimpulkan materi.
d.        Sebelum guru mengakhiri pembelajaran, guru memberi motivasi belajar.
Sumber/Bahan/Alat Belajar:
1.      Pengalaman Guru
2.      Buku Ajar Pelajaran Bahasa Arab kelas XII.
3.      BSE Bahasa Arab kelas XII, diterbitkan oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan Kementerian Pendidikan Nasional
4.      Buku LKS Bahasa Arab ”Thawaf” kelas XII, penerbit Citra Pustaka, Surakarta.
5.      Kamus Arab-Indonesia ”Mahmud Yunus”, penerbit Hidakarya Agung, Jakarta
6.      Buku lain yang relevan.
Evaluasi:
1.      Teknik Penilaian:
Test Lisan/Praktik
2.      Bentuk Instrumen:
(terlampir)



Mengetahui
Kepala SMA Wahid Hasyim


Drs. H. Slamet Riyadi


Guru MapelBahasa Arab


Ahmad Wagito

Tidak ada komentar:

Posting Komentar